Selasa, 09 Oktober 2007

Indonesia Go Open Source (IGOS)


BlankOn Linux adalah distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya. Distro BlankOn khususnya diperuntukan bagi dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
Sistem lingkungan window default yang terpasang pada BlankOn adalah Gnome versi 2.8.0 terbaru. BlankOn Linux dilengkapi dengan aplikasi produktifitas lainnya seperti paket office dari OpenOffice.org 1.1.2, Evolution 2.0.2, Thunderbird 0.8 dan Firefox 1.0 untuk berselancar di Internet. Aplikasi lain yaitu : Samba 3.0.8 (server), Rhythmbox 0.88 dan Totem 0.99.19 (Multimedia) serta game-game seperti Frozen-bubble 1.0.0.

Informasi lebih lengkap http://www.blankonlinux.or.id/



Memungkinkan para pemilik warnet yang saat ini memiliki PC lengkap untuk beralih ke solusi open source tanpa kesulitan yang berarti, karena memiliki fitur dan fasilitas yang sama dengan sistem operasi lainnya.IGOS BERDIKARI merupakan solusi bagi pengusaha warnet yang ingin menekan investasi pada lisensi aplikasi. Dengan berbasis sistem operasi Linux, IGOS BERDIKARI lebih tahan dan aman dari serangan virus atau trojan horse.
Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos


Sistem Informasi Billing Online adalah sistem billing yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu pengusaha warnet memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Pengusaha warnet dapat mengakses informasi mengenai transaksi yang terjadi pada warnetnya kapan saja dan dimana saja melalui Internet. Sistem Informasi Billing Warnet Online ini mampu memberikan informasi:
1. Penggunaan setiap workstation (klien)
2. Pendapatan total warnet per hari
3. Jumlah pengguna warnet per hari
4. dan beberapa fitur lainnya.
Dengan adanya situs billing online ini pengusaha warnet dapat mengontrol dan memonitor operasional warnetnya dengan mudah.
Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos


IGOS Kwartet adalah sebuah teknologi yang mampu menghubungkan 4 set monitor, keyboard, dan mouse dengan sebuah personal computer berbasis Linux yang dilengkapi dengan 4 buah kartu VGA dan port USB sebanyak 8 buah.IGOS KWARTET memungkinkan setiap terminal memiliki kualitas visual yang bagus sesuai dengan kemampuan kartu VGA-nya. Hal ini dimungkinkan sebab setiap terminal terhubung dengan 1 kartu VGA.IGOS KWARTET dapat diterapkan untuk warnet-warnet yang ingin melakukan penghematan biaya investasi perangkat keras namun pengguna warnet tetap dapat menikmati kualitas visualisasi yang bagus dan menarik.
IGOS KWARTET ini juga memudahkan proses perawatan terminal/klien karena hanya berupa monitor, keyboard, dan mouse. Implementasi warnet dengan IGOS KWARTET ini juga lebih tahan terhadap serangan virus atau trojan horse karena sistem operasi yang digunakan adalah Linux.
Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos


IGOS Laba-laba adalah arsitektur thin client adaptasi open source yang memanfaatkan PXES Thin Client Terminal, sehingga hanya dengan sebuah server bebasis Linux dapat melayani hingga 12 workstation diskless.

Dengan IGOS LABA-LABA maka pengusaha warnet dapat menghemat biaya investasi perangkat keras yang tinggi. Seluruh aplikasi dijalankan pada sisi server, selain itu untuk workstation/klien tidak dibutuhkan PC yang baru, cukup dengan memanfaatkan komputer bekas atau tua yang tidak memiliki harddisk. Karena berbasis Linux maka sistem ini juga lebih tahan terhadap serangan virus atau trojan horse.
Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos


IGOS Nusantara 2006 adalah aplikasi desktop yang merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dirancang khusus untuk desktop, sangat cocok digunakan untuk perorangan, bisnis, industri dan perkantoran dengan kemampuan yang handal sebagai solusi desktop. Dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dan e-mail.
Diinisiasi oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi, IGOS Nusantara 2006 dikembangkan oleh Pusat Informatika LIPI Bandung bersama komunitas OSS, untuk memberikan aplikasi desktop yang bebas tanpa pungutan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna komputer di Indonesia.
Aplikasi yang terinstall dalam IGOS Desktop Nusantara 2006 antara lain : sistem operasi (Linux); aplikasi perkantoran (OpenOfficee 2.0.3); Internet Browser (FireFox), E-mail Client (Evolution); Chatting (GAIM); pengolahan grafis (GIMP) serta aplikasi multimedia.
Web site http://www.igos-nusantara.or.id


Pinux atau Pointer Linux dengan tampilan sangat mirip WindowsXP™ adalah sebuah desktop Linux bikinan dalam negeri. Dilengkapi dengan semua paket aplikasi sebagaimana sebuah desktop yang lengkap seperti suit office, klien email, klien chat, messanger dan multimedia yang 100% GPL (bebas Pungli). Juga disertakan beragam perkakas untuk administrator sistem.

Fitur yang dikedepankan adalah fungsi sebagai klien WindowsXP™ SP2. Dengan demikian bila PINUX tersambung dalam sebuah jaringan yang mengandung sebuah WindowsXP SP2, maka ia dapat memanfaatkan aplikasi yang terpasang di Windows dari jarak jauh, bahkan dengan tampailan yang sama.

Sebagai contoh tipikal sebagaimana disebutkan website pengembangnya adalah aplikasi untuk WarNet:
Dalam satu internet café, terdapat 10 komputer Pinux dan 1 Komputer XP Pro (SP2), maka semua komputer Pinux akan dapat menggunakan Windows XP Pro tersebut pada waktu bersamaan dan dapat menggunakan semua aplikasi-aplikasi yang terinstall dalam Windows XP tersebut.

Pada mode full screen, desktop pada layar Pinux akan berganti menjadi desktop windows XP, sehingga pemakainya akan serasa menggunakan windows XP.

Proses komputasi tetap dilakukan pada komputer windows XP, sedangkan komputer Pinux hanya akan berfungsi sebagai desktop interface (tampilan), oleh karena itu banyaknya user yang sanggup dilayani oleh komputer windows XP tentunya akan sangat tergantung pada kapasitas memory dan kekuatan processor pada komputer windows XP.
Fitur PINUX:
• Simple installations: tidak perlu jadi pakar untuk mampu menginsatlasi Pinux.
• Cocok untuk Warnet, pusat pelatihan (student training) atau perkantoran dengan lingkungan yang masih memiliki aplikasi berbasis Windowse.
• User friendly desktop.
• Mengamas semua aplikasi Linux popular dan dapt menjalankan aplikasi Windows baik remote maupun mengunakan emulator (wine).
• Aman: Semua aplikasi yang disertakan open source yang bebas Pungli (Pungutan Lisensi)
• Bisa bergabung dengan lingkungan jaringan MS Windows, langsung mendukung windows samba disk share dan printer share disamping mampu menjadi remote desktop dan memroses berita popup.
• Dapat menampilkan aksara Asia seperti: Chinese, Japan, Korea, Thailand, India dan lainnya.
• Administrasi dan konfigurasi Pinux bebasis Web.
• Telah diuiji lebih dari 9 bulan di ratusan jenis merek PC dan ribuan users sebelum dilepas ke publik.
• Pinux bebas di download, investasi rendah (bandwidth Speedy 900MB) atau pinjam CD teman.
Sistem Hardware Minimum:
• Intel Pentium-II 300 MHz
• 128 MB memory
• 3.2G Harddisk
• Vga card with 2 MB video memory
• Standard 16/32 SoundCard (Exclude Yamaha chipset)
• Cdrom or Cdrw (attached on secondary-master cable is good!)
• 2 USB port
• Network Interface Card (for networking)
• Vga which capable 1024x768 mode

Informasi selanjutnya : http://pinux.joglosemar.org/


Sebuah Brand Software berbasis Open Source yang diluncurkan oleh Tim Konsorsium IGOS untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan adanya product Open Source untuk sistem Desktop yang siap pakai. SDN IGOS dilengkapi dengan infrastruktur support dan helpdesk serta bisnis model yang mendukung pertumbuhan industri IT lokal.SDN IGOS merupakan salah satu piranti lunak pertama yang diluncurkan dengan brand IGOS desktop dan merupakan aplikasi lengkap untuk desktop dan teritegrasi:
1. Operating system : IGOS OS
2. Office productivity : IGOS Office
3. Project : Project Manager
4. Email Client : Evolution
5. Instant Messaging Client : GAIM
6. Desktop Environment : GNOME
7. Application Platform : Java
8. Browser : Mozilla
9. Graphic Disain : GIMP 2.0
Informasi lebih lengkap : http://www.igos-desktop.com


Software RI adalah satu solusi perangkat lunak yang berisikan aplikasi umum berbahasa Indonesia untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari bagi pengguna komputer pada umumnya dengan disediakannya:
1. Kebutuhan lingkungan GUI memanfaatkan KDE.
2. Kebutuhan aplikasi perkan-toran akan dipenuhi KOffice.
3. Kebutuhan aplikasi jaringan dipenuhi dengan meman-faatkan berbagai program Open Source.
Kesemua program tersebut telah tersedia dengan GUI, menu dan dokumentasi yang berbahasa Indonesia.
Kebutuhan Hardware minimal:
• Prosesor 486 ke atas atau yang kompatibel
• RAM 32 MB dan selebihnya
• Harddisk minimal 1.5 GB bila termasuk semua aplikasi perkantoran, internet,
multimedia dan sebagainya
• Monitor
• Kartu VGA
• Keyboard dan mouse
Informasi lebih lengkap : http://www.software-ri.or.id/


Merupakan aplikasi usaha warnet berbasis Open Source Software untuk aplikasi desktop (client) yang terdiri dari: office application (word processing, spreadsheet dan presentation), internet application (Web browser, chatting, mail client) dan anti virus (clumav, spamassassin ) maupun untuk server yang terdiri dari (security, proxy manager, IP location, billing system warnet dan quality of services).

Aplikasi/Distro Linux Warung IGOS ini terdiri dari 3(tiga) buah CD-ROM, yaitu:
1. Aplikasi Server (Knoppix Version/live on CD)
2. Aplikasi Client (Knoppix Version/live on CD)
3. Instalasi untuk komputer client dan server
Informasi lebih lengkap : http://igos.gunadarma.ac.id/


Trustix Merdeka, merupakan sebuah distribusi Linuxx untuk desktop dengan mengambil basis Trustix Secure Linux. Dengan penekanan pada security, paket-paket aplikasi yang disertakan di dalam Trustix Merdeka merupakan paket pilihan, dengan auditing yang cukup ketat untuk setiap sumber yang disertakan. Distribusi Made in Indonesia ini bertujuan lebih dari sekedar distro Linux saja. Ditargetkan menjadi jalur komunikasi masyarakat Linux dan IT. Bahasa Indonesia yang digunakan dapat dikatakan sebagai faktor pemersatu. Trustix Merdeka terhenti pengembangannya sejak Maret 2003.

Informasi selanjutnya : http://merdeka.trustix.co.id/kde

Tidak ada komentar: