Senin, 07 Januari 2008

Download file flv, swf, dll langsung dari Mozilla firefox

Semua orang pasti udah kenal YouTube. Situs layanan video milik Google ini merupakan situs nomor satu dalam hal sharing video. Pada tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mendownload file video youtube langsung dari firefox tanpa harus menggunakan layanan pihak ketiga seperti keepvid. Selain untuk situs YouTube trik berikut juga dapat digunakan pada semua situs yang memiliki file-file animasi.

Trik ini memanfaatkan fasilitas cache firefox untuk mendownload file yang diinginkan. Setiap kali firefox menampilkan isi sebuah situs, sebenarnya isi situs tersebut terlebih dahulu disimpan ke dalam harddisk. File ini dinamakan cache. Untuk mengakses cache firefox cukup ketik

about:cache?device=disk

pada kotak URL firefox. Seluruh cache yang ada pada sesi firefox akan terlihat pada halaman yang terbuka. Setelah isi cache ditampilkan tinggal cari cache sesuai file yang kita inginkan. Misal kita pernah membuka file video di YouTube dengan URL http://youtube.com/watch?v=Lp4S6igyjik, pada halaman cache cari tulisan Lp4S6igyjik, kemudian klik pada judul yang memuat informasi tersebut. Akan muncul informasi mengenai link yang ada dan lokasi cache file tersebut. Browse direktori tempat file tersimpandan ubah extensionnya menjadi flv.

Tidak ada komentar: